Kunci Rezeki Menurut al-Qur'an dan al-Hadis


Rezeki adalah semua anugrah yang Allah berikan kepada makhluk-Nya. Anugrah Allah tidak sekedar berupa kekayaan namun, meliputi berbagai aspek kehidupan. Rezeki Allah meliputi apa saja yang diperlukan dalam kehidupan termasuk makanan, pakaian, kediaman dan lain-lainnya yang dibutuhkan hidup. Kesehatan, kesempatan, kebahagiaan adalah rezeki.
Adapun kunci Rezeki menurut al-Quran dan al-Hadis akan saya paparkan di bawah ini.

1. MEMOHON AMPUN=>
Firman Allah (Q.S 71:10-12):→
Maka aku katakan kepada mereka "Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadmu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu,, dan mengadakan pula di dalamnya untukmu kebun-kebun dan mengadakan untukmu sungai-sungai."
Rasulullah bersbda, "Barang siapa yang sering membaca istigfar, niscaya Allah akan menghilangkan segala kegundahannya dan kesusahannya serta dikaruniakan rezeki yang tidak diduga-duga." (Hr. Abu Daud)

2. TAKWA=>
"…Barang siapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya…" (Q.S 65:2-3)

3. TAWAKAL=>
"...Dan barang siapa yang bertawakkal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkannya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan-Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu." (Q.S. 65:3)
Rasulullah bersabda, "Kalau seandainya kamu bertawakal kepada Allah dengan sebenar-benarnya, maka kamu akan dilimpahkan rezeki sebagaimana burung-burung yang diberi rezeki. Mereka terbang di pagi hari dalam keadaan lapar dan pulang di sore hari dalam keadaan kenyang." (Hr. Ahmad)

4. KHUSU' BERIBADAH KEPADA ALLAH=>
Rasulullah bersabda, "sesungguhnya Allah telah berfirman, Hai bani Adam, konsentrasikanlah dirimu untuk beribadah kepada-Ku, niscaya Aku akan isi hatimu dengan kekayaan dan Aku akan tutup hatimu dari kemiskinan. Jika kamu tidak mau bekerja, maka aku akan penuhi tanganmu dengan segala kesibukan serta tidak Aku tutupi kemiskinan dari hatimu." (Hr. Ahmad)

5. MELAKSANAKAN IBADAH HAJI DAN UMROH=>
Rasulullah bersabda, "Hubungkanlah ibadah haji dengan umroh karena keduanya dapat menghapuskan kemiskinan dan dosa-dosa sebagaƬmana alat pandai besi dapat menghilangkan kotoran besi." (Hr. Nasai)

6. SEDEKAH=>
Katakanlah: "Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezeki bagi siapa yang di kehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi yang dikehendaki-Nya. Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dialah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya." (Q.S 32:39)
Rasulullah bersabda, "Allah telah berfirman, Hai anak manusia, bersedekahlah, niscaya Aku akan memberi gantinya." (Hr. Muslim)

7. BERBUAT BAIK KEPADA ORANG MISKIN DAN LEMAH=>
Rasulullah bersabda, "Mintalah keridhoanku dengan cara berbuat baik kepada orang-orang miskin. Karena sesungguhnya, kamu memperoleh kemenangan dan rezeki lantaran adanya orang-orang miskin." (Hr. Ahmad)

8. BERDOA UNTUK KESELAMATAN ORANG TUA=>
Rasulullah bersabda, "Jika seorang hamba tidak lagi mendoakan orang tuanya maka rezekinya akan terputus." (Hr. al-Hakim dan ad-Dailami)



Ternyata dalam menjalani aneka pernik kehidupan ini, manusia dihadapkan pada satu kenyataan, bahwa ia sesungguhnya hanya akan mendapatkan sesuatu dari apa yang diberikannya, bukan dari apa yang diminta

Ya Allah, Lindungilah hambamu ini dari gundah gulana, lindungilah hambamu ini dari kelemahan dan kemalasan, dan lindungilah hambamu ini dari tekanan utang dan penindasan manusia