Hikmah Bismillah Dan Kisah Orang-Orang Saleh

¤ Ketika Nabi Musa a.s mendapat ujian dari Allah berupa sakit perut, maka ia pun memohon petunjuk kepada Allah s.w.t. agar disembuhkan dari penyakitnya. Allah Ta'ala Memerintahkan kepadanya untuk memakanm sejenis rumput tertentu yang terletak di suatu kebun. Setelah Nabi Musa memakannya, seketika penyakitnya sembuh. Selang beberapa lama kemudian, beliau terserang kembali penyakit yang sama, maka Nabi Musa pun kembali memakan jenis rumput tertentu yang pernah menyembuhkannya dahulu. Namun rumput tersebut bukan menyembuhkan penyakitnya tetapi malah membuatnya semakin parah. Nabi Musa a.s memohon kepada Allah swt. seraya berkata, "Ya Robb, pertama kali aku memakanya, penyakitku sembuh. Tetapi yang kedua kali malah membuat penyakitku semakin bertambah parah. "Maka Allah swt. Berfirman kepada Musa a.s.. "Petama kali engkau berusaha menyembuhkan penyakit dengan rumput itu adalah atas Pentunjuk-Ku, sehingga engkau pun sembuh karenanya. Tetapi yang kedua, engkau berusaha atas kehendakmu sendiri dan tidak di kerjakan atas Nama-Ku, sehingga bertambah keraslah penyakitmu. Apakah engkau tidak tahu bahwa sesungguhnya apa yang ada di dunia ini adalah racun, sedang penawarnya adalah berbuat atas Nama-Ku (Bismillah).
¤ Rasulullah saw. pernah bersabda
لوان احدكم اذاالتي اهله قل:بسم الله,اللهم جنبناالشيطن وجنب الشيطن مارزقتنا,فقضي بينهماولدلم يضره {رواه البخاري
Jika seseorang dari kamu mendatangi istri, maka ucapkanlah: Bismillah, Allahumma jannibnasy syaithona ma rozaqtana (Dengan menyebut Nama Allah, ya Allah, hindarkanlah kami dari setan dan jagalah dari [kejahatan] setan apa yang Engkau Rezekikan kepada kami). Maka apabila di takdirkan bahwa mereka berdua akan mempunyai anak, setan tidak akan pernah bisa membahayakan. (H.R al-Bukhari)
Hadis lain riwayat ath-Thabarani: Hai abu Hurairah, jika engkau berwudu ucapkanlah: Bismillahi wal hamdulillah. Maka jika engkau menjaganya, tidak akan hilang catatan kebaikan bagimu hingga batal wudu itu.
¤ Ketika hendak menaiki perahunya, Nabi Nuh a.s. Mengucapkan sebagian kalimat dari Bismillahir rahmanir rahim yaitu Bismillahi majréha wa mursähä, maka ia pun selamat dan kapalnya tidak tenggelam. Bila sebagian dari kalimat Bismillah saja dapat menyelamatkan seseorang, apalagi jika dibaca secara lengkap. Allah swt Berfirman: Dan Nuh ber kata, "Naiklah kamu sekalian ke dalamnya dengan menyebut Nama Allah di waktu berlayar dan berlabuhnya." Sesungguhnya Tuhan-ku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Q.S 11 Hud:41)
¤ Seorang Mukmin yang saleh pernah menggembalakan kambingnya dengan selamat, di tempat lalu lalangnya serigala. Kejadian ini tentu saja mengundang ke anehan orang yang kebetulan lewat di tempat itu. Ia bertanya kepada si penggembala, "Bagaimana engkau bisa membuat srigala hidup berdampingan dengan kambing?" Penggembala yang saleh itu menjawab, "Saya senantiasa menggantungkan hidup kepada Allah dan selalu menyibukan diri dengan menyebut Nama-Nya sepenuh hati."

Ya Allah, dengan perantaraan Nama-nama-Mu yang Maha Indah dan Sifat-sifat-Mu yang Maha Luhur, aku memohon agar di karuniakan rahmat dan kebaikan yang banyak. Peliharalah diriku dalam Kemaha pemurahan-Mu dan masukkan aku ke dalam golongan orang-orang yang mendapatkan Kasih Sayang-Mu. Amin ya Robbal 'älamìn.