CARA MUDAH MENGHADAPI KRITIKAN PEDAS

LA TAHZAN (Cara Mudah Menghadapi Kritikan Pedas)

Bismillahi Rohmaani Rohiim…

Segala Puji Bagi Allah SWT, Doa dan Salam ditujukan kepada Nabi Muhammad SAW dan rasul2-Nya dan kepada keluarga dan sahabat.

Allah swt adalah Maha Pemberi rezeki, acapkali mendapat cacian dan cercaan dari orang-orang pandir yang tak berakal, apalagi saya, Anda dan kita sebagai manusia yang selalu terpeleset dan salah.

Dalam hidup ini kamu akan menjumpai kritikan-kritikan yang pedas dan pahit, Dan jika itu terjadi, Apakah kamu lalu bersedih? Apakah kamu lalu menangis sehinggga tidur pun menjadi gerah?

Perlu diingat, mereka, marah dan kesal kepada kamu karena Kamu lebih unggul, Unggul dalam hal kebaikan, Unggul dalam keilmuan, Unggul akan harta, kamu di mata mereka adalah orang berdosa.

MEREKA AKAN PUAS jika kamu melepaskan semua karunia dan nikmat Allah SWT, Jika kamu meninggalkan semua sifat terpuji, Jika kamu meninggalkan nilai- nilai luhur yang menjadi prinsip kamu, Jika kamu menjadi orang yang bodoh, pandir dan tolol.

Waspadalah terhadap apa yang mereka lakukan, kuatkan jiwa untuk mendengar kritikan mereka, kuatkan jiwa untuk mendengar cemoohan mereka, kuatkan jiwa untuk mendengar hinaan mereka, bersikaplah laksana batu cadas tetap kokoh berdiri meski diterpa butiran butiran salju.

Jangan terpengaruh atas kritikan, cemoohan dan hinaan, jika terpengaruh, kamu telah meluluskan keinginan mereka Dan kamu rela mencemarkan kehidupanmu.

Trus bagaimana caranya agar tidak terpengaruh…???

Respon kritikan mereka dengan menunjukkan akhlak yang baik, acuhkan saja mereka Dan jangan pernah merasa tertekan, pada hakekatnya kritikan itu merupakan ungkapan penghormatan untuk Anda.

INGATLAH!!.., semakin tinggi derajat dan posisi kamu maka akan semakin pedas pula kritikan itu, komentari setiap perkataan mereka sebagaimana yang diperintahkan Allah, katakanlah (kepada mereka): “Matilah kamu karena kemarahanmu itu (QS. Ali ‘Imran: 119)

Bahkan kamu juga dapat ‘menyumpal’ mulut mereka agar diam seribu bahasa, bagaimana caranya…??? Memperbaiki akhlak dan meluruskan setiap kesalahan kamu… La haula wala Quwwata illa billah. Tiada daya upaya dan tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah

Wassalam